Panen Padi Sawah Muara

Panen Sawah Muara PT Global Ikhwan Grup
Panen Sawah Muara PT Global Ikhwan Grup
Panen Sawah Muara PT Global Ikhwan Grup
Panen Sawah Muara PT Global Ikhwan Grup
Panen Sawah Muara PT Global Ikhwan Grup

 

Alhamdulillah ,dengan kasih sayang Tuhan, panen padi di sawah GISBH di Muara Bogor terus berlangsung sesuai dg masa panen yg berbeda dari satu petak ke petak lain.

Dari panen awal di tanggal 7 oktober 2020, hingga 15 November, sudah ada 5 ha sawah yang dipanen dari keluasan 6.15 ha keseluruhannya.


Walaupun secara keluasan tidaklah besar, namun berbagai kajian di sawah Muara yang dicetuskan oleh ybhg Datuk Tuan Rashidi Abdullah sebelum ini, dan terus dipandu oleh ybhg Datuk Tuan Fadhil Yasin kini, sangat memberi banyak ilmu dan pengalaman bagi remaja (RPU, Remaja Pembela Ummah) yg bertugas di sawah termasuk peserta kursus yang datang dari zon-zon lain di Indonesia.


Antara ilmu yang didapat yaitu berbagai jenis benih padi dengan kelebihan masing masing,berbagai jenis hama dan cara menanganinya, berbagai cara menanam padi  dan kelebihan serta kekurangan masing masing,berbagai cara mengolah tanah dan lain lain lagi ilmu dan pengalaman.


Setakat ini, Alhamdulillah dari 5 ha yang dipanen, Tuhan bagi total padi sebanyak 30.3 ton atau rata-rata hasilnya 6.06 ton per ha.


Dan antaranya terdapat 1 hektar yang menghasilkan panen tertinggi, yaitu  8.025ton. Nilai ini adalah rekor panen sawah tertinggi yang pernah ada di Balai benih kawasan muara tersebut, dimana sebelumnya nilai tertinggi yang didapat oleh pemerintah di Sawah Muara tersebut adalah maksimum 7ton per ha.


Hasil ini di dapat untuk jenis varietas padi inpari 43 dengan cara penanaman manual.Jenis padi ini juga mempunyai daun bendera yg tinggi keatas, dan relatif lebih melindungi rumpun padi dr hama burung yg menjadi hama utama di sawah muara ini


Panen dilaksanakan menggunakan mesin komben, dan juga dilaksanakan secara manual untuk bagian sawah yang berlumpur dalam.


Setelah padi di panen/di tuai, padi di jemur di atas lantai jemur sehingga kadar air yang cukup untuk di giling. Untuk mengatasi keadaan saat ini yang sedang musim penghujan, sebagian padi dikeringkan menggunakan oven pengering.


Setelah kadar air padi tersebut mencapai 13%, maka padi siap digiling. Dengan pimpinan ybhg Datuk Tuan Fadhil Yasin, kali ini padi di giling dengan menggunakan mesin penggiling padi milik GISBH yang baru selesai di set up.


Semoga dengan panduan ybhg Datuk Tuan Fadhil Yasin,apa yg sedang diusahakan khususnya di pertanian padi ini dapat terus meningkatkan khidmat GISBH ke tengah masyarakat.